Berikan masukan, kritik, saran, dukungan, berita, laporan warga + apa aja dech yg perlu di ketahui ame warga Depok ke email : walikotagaul@yahoo.com

Kamis, 23 Juni 2011

Proyek Supermarket di Mal Depok Dipermasalahkan

DEPOK - DMall atau yang dikenal dengan Mal Depok tengah membangun proyek supermarket di area lahan parkir mobil (basement) seluas 500 meter persegi. Namun, pembangunan supermarket tersebut diprotes karena dianggap telah mengubah atau alih fungsi bangunan.

Sedikitnya dua puluh anggota LSM Lembaga Pemantau Pembangunan Kota Depok memprotes pihak manajemen DMall karena dianggap tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Mereka menuntut pihak mal menghentikan pembangunan supermarket tersebut.

“Mereka memprotes DMall karena lahan parkir yang dijadikan supermarket, katanya nggak ada izinnya, mereka lanjut ke Pemkot dan DPRD,” ujar Kapolsek Beji Kompol Ngadi yang mengamankan jalannya protes di Depok, Senin (20/06/11).

Anggota Komisi B DPRD Depok Farida Rahmawati mengatakan pihaknya meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok untuk tidak mengeluarkan izin atas supermarket tersebut. Sebab, kata dia, saat ini Peraturan Daerah (Perda) tentang pembatasan minimarket sedang dievaluasi oleh Propinsi Jawa Barat.

“Itu semacam pembangunan toko modern, seperti mini market tapi lebih besar, supermarket lah, izin tak boleh dikeluarkan kecuali manajemen mengajukannya sebelum Perda itu disusun,” tegas Farida.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kota Depok Reni Siti Nuraini mengatakan untuk membangun supermarket di area parkir lantai basement, DMall harus memiliki izin usaha sendiri. Serta, lanjutnya, harus menyertakan analisis kajian ekonomi.

“Sampai sekarang proses itu belum dipenuhi, karena itu izin tidak kami keluarkan, sampai Peraturan Wali Kota keluar, kalau itu sudah keluar mereka harus membuat kajian analisis ekonomi dulu,” tandas Reni.

Sementara itu Pihak Manajemen DMall saat ditemui wartawan mengaku tidak mengetahui secara detail mengenai persoalan tersebut. Mereka tengah membahas permasalahan tersebut di dalam rapat direksi.
(wdi)

http://economy.okezone.com/read/2011/06/20/320/470444/proyek-supermarket-di-mal-depok-dipermasalahkan

Tidak ada komentar: