Berikan masukan, kritik, saran, dukungan, berita, laporan warga + apa aja dech yg perlu di ketahui ame warga Depok ke email : walikotagaul@yahoo.com

Kamis, 23 Juni 2011

ICW: SMPN 2 Depok Diskriminatif



INILAH.COM, Jakarta - Sistem Penerimaan Siswa Baru Sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Jakarta dan sekitarnya dianggap diskriminatif.


Pasalnya, sistem PSB di RSBI dilakukan lebih awal dan harus mengikuti tes wawancara mengenai pendapatan orang tua siswa.

Hal itu diketahui dari laporan orang tua siswa kepada ICW yang menjelaskan bahwa setiap siswa yang ingin masuk RSBI harus melalui tes wawancara oleh pihak sekolah.

“Untuk masuk RSBI, siswa ditanyai tentang pendapatan orang tua per bulan. Padahal ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan proses pendidikan,” ujar Sekretaris Aliansi Orang Tua Peduli Pendidikan ICW, Jummono, Senin (20/6).

Bahkan beberapa sekolah diantaranya secara terang-terangan menanyakan berapa besaran rupiah yang sanggup dikeluarkan pihak orang tua supaya anaknya terdaftar di RSBI. Hal ini menandakan bahwa RSBI dikhususkan hanya untuk orang-orang yang mampu.

“Kasus seperti ini terdapat di SMPN 2 Depok dan SMAN 81 Halim dimana setiap orang tua yang mendaftarkan anaknya, kerap ditanyakan kesanggupan orang tua murid untuk membayar sebesar Rp5 juta sampai Rp10 juta agar anaknya diterima. Dari sini sudah terbukti, PSB untuk RSBI diskriminatif dan hanya menjaring calon siswa yang berasal dari keluarga mampu,” tambah Jummono. [mah]

http://metropolitan.inilah.com/read/detail/1622272/icw-smpn-2-depok-diskriminatif

Tidak ada komentar: