Berikan masukan, kritik, saran, dukungan, berita, laporan warga + apa aja dech yg perlu di ketahui ame warga Depok ke email : walikotagaul@yahoo.com

Kamis, 09 Juni 2011

Pintu Air Sungai Ciliwung-Cisadane Ambrol

Ilustrasi
Ilustrasi
DEPOK - Pascahujan deras yang mengguyur Depok selama sepekan terakhir, pintu air Sungai Ciliwung-Cisadane yang terletak di RT 01/01, Grogol, Limo, Depok, ambrol.

Pintu air yang dibangun sejak 1933 pada saat zaman Belanda kemungkinan sudah tak mampu lagi menahan debit air hujan. Selama ini pintu air tersebut digunakan untuk mengaliri lahan irigasi 60 hektar sawah milik petani.

Akibat ambrolnya pintu air, lahan sawah kekeringan tak bisa lagi dialiri air.

“Bangunan ini kan dibangun tahun 1933, tentu ada kerapuhan kan, dengan aliran air yang cukup deras belakangan ini, tentunya kondisi yang sudah rapuh ini tak bisa tertahan lagi, akhirnya jadi ambrol, dan ini merugikan para petani yang ada ke sebelah kiri tanggul,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok, Yayan Aryanto, Rabu (08/06/11).

Yayan menambahkan, jika pintu air tidak segera diperbaiki maka akan berdampak luas, salah satunya menyebabkan longsor. Karena itu, Balai Sungai Ciliwung Cisadane Propinsi Jawa Barat hari ini meninjau lokasi ambrolnya pintu air.

"Saya sudah sampaikan kepada staf yang meninjau dari BSCC Provinsi Jawa Barat dan saya juga akan menelpon pimpinannya agar pintu air segera diperbaiki, kami terganjal dana untuk memperbaiki pintu air. Diperkirakan dana yang dibutuhkan di atas Rp500 juta," tandasnya.

Sementara itu, terlihat sejumlah warga sedang berusaha mengalirkan air sungai tersebut ke saluran irigasi dengan menggunakan pipa paralon.

http://news.okezone.com/read/2011/06/08/339/466061/pintu-air-sungai-ciliwung-cisadane-ambrol

Tidak ada komentar: