Berikan masukan, kritik, saran, dukungan, berita, laporan warga + apa aja dech yg perlu di ketahui ame warga Depok ke email : walikotagaul@yahoo.com

Senin, 30 Mei 2011

Pelajar Depok Sasaran Empuk Peredaran Narkoba

DEPOK – Badan Narkotika Kota (BNK) Depok terus gencar memberikan penyuluhan bahaya narkoba di tiap sekolah kepada para murid dan guru. Meski angka kasus narkoba di Kota Depok setiap tahun terus menurun, namun kekhawatiran para orangtua tetap saja ada.

Sekretaris BNK Depok Welman Naipospos mengatakan, sekira 500 ribu atau 25 persen dari 1,7 juta penduduk Depok adalah pelajar. Mereka sangat riskan dan menjadi sasaran peredaran narkoba. Menurut Welman, saat ini BNK melakukan penyuluhan tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4G), tidak saja pada para pelajar tapi juga pada komunitas pemuda, ibu rumah tangga, komunitas agama, dan dunia usaha.

“Para pelajar sangat mudah terpengaruh dengan ajakan hal-hal negatif, sehingga sedini mungkin perlu dilakukan pencegahan dengan melakukan penyuluhan. Khusus komunitas agama, kami langsung melakukan penyuluhan melalui mimbar masjid dan gereja,” kata Welman kepada wartawan, Jumat (27/5/2011).

Selain itu, Welman menambahkan, guna mencegah lebih meluasnya peredaran narkoba, BNK Kota Depok juga melakukan penyuluhan lewat penyebaran poster, spanduk dan alat peraga lainnya. Bahkan saat ini, pihaknya telah membentuk rukun warga (RW) bersih narkoba serta pembentukan kader dan ibu rumah tangga yang peduli tentang bahaya narkoba di semua kelurahan.

"Kami rutin melakukan tes urin kepada pegawai negeri sipil (PNS) sebagai uji kompetensi nilai plus pegawai. Saya berharap tahun depan semua staf dapat mengikuti tes urin dan selanjutnya akan dilakukan kepada para guru,” ujarnya.

Pada 2009 ada 297 kasus narkoba, tujuh persen di antaranya adalah pelajar. Angka tersebut menurun pada 2010 menjadi 179 kasus, empat persennya melibatkan pelajar. PNS, termasuk guru, yang positif menggunakan narkoba, akan diproses dalam aturan kepegawaian untuk kemudian selanjutnya ditindaklanjuti ke ranah hukum.(rfa)

http://kampus.okezone.com/read/2011/05/27/373/461675/pelajar-depok-sasaran-empuk-peredaran-narkoba

Tidak ada komentar: