Berikan masukan, kritik, saran, dukungan, berita, laporan warga + apa aja dech yg perlu di ketahui ame warga Depok ke email : walikotagaul@yahoo.com

Minggu, 04 September 2011

Sungai Ciliwung di Depok Makin Tercemar?

DEPOK – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok terus memantau kandungan Chemical Oxygen Demand (COD) dan Biological Oxygen Demand (BOD) Sungai Ciliwung. Pasalnya, semakin hari semakin banyak limbah yang mencemari sungai yang mengalir ke Ibukota Jakarta itu.

“Kami sudah mengambil sampel air Sungai Ciliwung untuk diteliti di laboratorium. Hal ini perlu karena sumber air Ciliwung merupakan bahan baku untuk PDAM di Kota Depok,” ujar Kepala BLH Kota Depok Rahmat Subagyo, Sabtu (03/09/11).

Ia menambahkan pihaknya masih menguji hasil sampel air tersebut di laboratorium. Sebab, sebelumnya warga wilayah RT 04/02 Kelurahan Pondok Cina mengeluhkan saluran air yang dipenuhi sampah dan airnya berwarna hitam pekat. Saluran itu mengarah ke Sungai Ciliwung.

Menurut Rahmat, air tersebut diduga tercemar limbah domestik seperti limbah rumah tangga dan tempat pencucian pakaian (laundry) seperti air sabun. “Kita tetap mengambil sampel air tersebut untuk diteliti di laboratorium,” tegasnya.

Guna mengatasi pencemaran di Sunagi Ciliwung, dibutuhkan koordinasi antar dinas terkait. Seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda), perangkat kelurahan dan kecamatan serta organisasi peduli lingkungan.

“Mengatasi masalah pencemaran Sungai Ciliwung, BLH tidak bisa bekerja sendiri. Apalagi di sekitar saluran air yang mengarah ke Sungai Ciliwung sudah dipenuhi sampah,” tandasnya.

http://news.okezone.com/read/2011/09/03/338/498395/sungai-ciliwung-di-depok-makin-tercemar

Tidak ada komentar: